Jangan Serius Mulu

Di sebelah kiri ada gambar panda lagi bobo. Lucu ya?!


Lucu nya lagi (dalam artian positif), gambar ini ada di sistem milik kampus. Bahkan, di sistem milik mahasiswa S3 pun ada gambar lucu ini. Saya cek di kampus lain (di USA) pun ada yg punya gambar panda ini.

Juga, setiap submit tugas di web, penanda bahwa tugas sudah berhasil diupload akan ada gambar, entah itu roket atau bunga atau macam-macam yang imut-imut.

Saya melihatnya ini adalah sesuatu yang positif. Kuliah itu gak melulu harus serius. 

Gambar semacam ini bisa ngasih sinyal bahwa jangan sampe stress karena tugas. Setelah submit tugas, bisa lakukan perayaan kecil.

Kuliah S3 itu adalah maraton. Bukan sprint. Kalau dari ujung ke ujung cuma disi yang serius-serius, kemungkinannya entah akan stress, drop out, atau malah gak sustain belajarnya: selesaai dapat gelar, lantas stop belajar.

Btw, tampilan ini ada di web e-learning kampus. Sebenernya gak bisaa dibilang web "e-learning" juga karena web ini dipakai tiap kuliah walau kuliahnya bukan jarak jauh. Dipakai untuk submit tugas, diskusi (yes! walau kuliah nya tatap muka, sebelum mulai kuliah harus udah baca dan post diskusi di web), cek nilai, link zoom. Pokoknya apa aja bisa di sini. Gak perlu mencar harus buat grup WA sama dosen atau yg sejenisnya.


#phd #phdlifestyle #phdlife #kuliah #kuliahdiluarnegeri #mahasiswaindonesia #kuliahdiusa #kuliahdiamerika #mahasiswas3 #dosenmuda #duniadosen 

Comments

Popular posts from this blog

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

JANGAN TERBALIK

ETIKA