Jam Kuliah

Kuliah doktoral di jurusan pendidikan di dept of Teaching and Learning (T&L) OSU paling awal dimulai jam 4 sore. Juga, saya sering pulang kuliah jam 9.30 malam. Alasannya, karena kebanyakan mahasiswa doktor (yg asli warga negara US) di sini adalah para guru.

T&L mundurin jam mulai perkuliahan biar para guru ini bisa ikut perkuliahan juga, tanpa harus ngorbanin kerjaannya.

Saya jadi inget dulu salah satu teman sejawat di kampus tempat saya kerja dg bangganya ia nekan mahasiswanya "kamu lebih milih kuliah atau kerja?" hanya karena mahasiswa tsb gak bisa bimbingan ngikutin jam yg ditentuin dosen krn bentrok dg jam kerja mahasiswa tsb.

Tempat saya ngajar itu adalah kampus yaang dipenuhi para pekerja. Saya bangga banget mereka tetep mau kuliah walaupun sibuk kerja. Harusnya ngedukung mereka tetep kuliah (dan gak ngorbanin kerjanya).

"kamu lebih milih kuliah atau kerja?" bukanlah pertanyaan pantas, menurut saya. Ini bukanlah dua hal yg perlu dibentrokan. Lagian, seringnya mahasiswa-mahasiswa ini berasal dari keluarga pas-pasan/ sandwich generation yang perlu ngehidupin ortu dan adiknya. Beda sama latar belakang rekan saya ini.

Untuk sekedar jam bimbingan skripsi, kan bisa dibuat lebih fleksibel untuk mahasiswa yg harus tetep kerja, misal ngebolehin mahasiswa bimbingan di hari libur atau setelah pulang kerja, bimbingan via zoom, mahasiswa cukup kirim draft via email yg terhubung ke google doc biar bisa langsung dikoreksi dan komen di situ, dan banyak teknik lainnya.

Ngajar itu bukan sekedar ngasih materi, terima gajian, dan gak peduli sama kehidupan mahasiswa, apalagi mahasiswa bimbingan sendiri. Ngajar itu seringnya adalah mengalah (atau lebih tepatnya menjadi lebih fleksibel) untuk ngedukung potensi murid/ mahasiswa yg diajar


NB: gambar cuma pencitraan. gak ada hubungan sama cerita

#beasiswa #beasiswakuliah #fulbright #fulbrightindonesia #lpdp #beasiswalpdp #beasiswafulbright #mahasiswa #mahasiswaindonesia #phd #phdlife #beasiswas1 #beasiswas2 #beasiswas3 #duniadosen #guru #sandwichgeneration

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA