Senengnya S3 Cuma Ada Dua

"Senengnya kuliah S3 cuma ada 2: satu, saat pengumuman diterima beasiswa. dua, saat wisuda doktoral. Apapun diantara keduanya adalah akan bikin kita begadang terus"

Satu tahun lalu saya baca kutipan di atas, tapi lupa entah dapat dari mana.



Saya partly agree (condong ke setujunya). Contoh realnya, saat ini sebenarnya kampus lagi fall break. Kampus libur sesaat. Kampus sepi. Tapi, hari ini saya malah ada 3 rapat dg 3 tim berbeda, juga ada deadline dari 3 tugas yang berbeda. Lantas dimana break nya? 🙂

Buat saya S3 itu adalah marathon (di US, rata-rata mahasiswa S3 lulus adalah 4-5 tahun), bukan sprint, maka proses ini ya dibawa nyantai aja. Kalau capek ya istirahat bentar. Kalau bosen ya liburan sebentar. Saat udah fresh, lanjut nugas lagi. Yang penting mau terus belajar.

Sekolah itu bukan tentang ijazah, so kalau pun udah lulus S3 ya tetep sering diskusi, ikut professional development, pelatihan, apply post doct, ikut camp kursus di luar expertise, dll. Kalau dibawa stress proses S3 ini ya nanti malah gak akan jadi a long life learner.

NB: foto hanya untuk pencitraan. Gak ada hubungan sama cerita. Juga, status ini hanya untuk pencitraan aja

#beasiswa #beasiswakuliah #beasiswafulbright #beasiswalpdp #lpdp #fulbright #fulbrightindonesia #kuliah #kuliahgratis #unpam #universitaspamulang #unpamviktor #kuliahdiamerika #sandwichgeneration #kuliahsambilkerja #beasiswakeluarnegeri #beasiswas2 #beasiswas3 #beasiswas1 #beasiswaindonesia #beasiswaunggulan #ielts #toefl #phdlife

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA