Ngalah

Semalam saya harusnya ada meeting sama Prof A sepulang kuliah malam. Saya jelaskan kondisi saya yang pulang perlu naik bus, dan nggak bisa pulang lebih dari jam 10 malam krn akan kehabisan bus. Lantas, Prof A inisiatif (tanpa saya minta) mengganti jadwal meeting jadi tadi pagi.

Cerita yang mirip juga saya alami sama Prof B. Summer tahun depan Prof B sebenernya punya proyek penelitian di Lombok, dan saya diajak untuk ikut ke projek penelitian tersebut biar bisa ketemu keluarga. Beliau tahu orang tua saya sedang tidak bisa beraktivitas normal maka beliau ngajak saya biar bisa sekalian jenguk ortu. Ternyata lagi, beliau ngeganti lokasi penelitian ke Bandung. Salah satu alasannya biar deket kalau saya mau bolak-balik ketemu orang tua di Tangerang selama projek tersebut.

Contoh lain di kelas Prof C. Ada salah satu mahasiswa dari fakultas kedokteran (enaknya kuliah di US, kita bisa ambil kelas walaupun di fakultas berbeda, bahkan di universitas berbeda) yang minta izin gak bisa hadir selama kurleb 1 bulan karena bentrok dengan tugas mahasiswa tersebut mengajar/ penelitian di fakultas kedokteran. Dengan santainya Prof C ngasih izin mahasiswa tersebut untuk gak masuk kelas dengan catatan mahasiswa tersebut masih ngumpulin semua assignment kelas.

Para profesor ini bener-bener ngasih contoh bagaimana pendidik seharusnya berkorban dan "mengalah" untuk ngedukung masa depan mahasiswanya.

Seandainya dulu para dosen S1 saya pada nggak ngasih izin saya untuk pulang duluan "ngejar" kereta terakhir, maka kemungkinan besarnya saya udah drop out. Efek lanjutannya, saat ini bisa jadi saya jobless dan gak bisa kuliah S3 di luar negeri.



NB: foto ini adalah foto bareng sama presiden NCTM, organisasi guru matematika paling populer di dunia.

YouTube: youtube.com/c/AnggaHidayat
LinkedIn: linkedin.com/in/angga-hidayat-1203
Facebook: Angga Hidayat
Instagram: instagram.com/angga1203_hidayat/
Website: anggahidayat.com 

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA