SMS vs WA

Dospem (dosen pembimbing) pernah berkelar, "Semua orang di dunia pakai WA (WhatsApp), kecuali Americans (orang Amerika)".

Di Indonesia, lazimnya kita komunikasi kan pakai WA, entah chat atau video call, tapi di Amerika, atau seenggak-enggaknya di Columbus, Americans UMUMNYA lebih suka SMS-an dan telpon langsung.

Beli paket data di Amerika itu sekalian sama unlimited SMS dan telpon. SMS dan telponan di sini itu semacam gratis karena memang selalu dipaketkan dengan data internet walaupun kita beli paket data termurah sekalipun.

Saya baru sadar powerful nya SMS-an sejak di Amerika. Ternyata, kita bisa buat grup obrolan walaupun cuma pakai SMS. So, WA grup otomatis GAK BEGITU diperlukan sama orang Amerika. Kirim gambar via SMS juga gratis. Kita bisa kirim Video, audio, emoji, stiker, pesan berwaktu, kontak, slideshow. Wah pokoknya hampir semua fitur di WA ada di SMS, dan tanpa perlu bayar biaya tambahan untuk kirim apapun via SMS.

Urusan apapun juga selalu dengan telpon, seperti buka akun listrik. Tinggal telpon, tau-tau apartement udah siap listriknya. Nanya/ komplain sesuatu ke kantor pemerintah, swasta, atau NGO juga bisa telpon. Telpon biasa ya. Bukan telpon WA. So, fungsi panggilan WA juga GAK BEGITU diperlukan orang Amerika.

 Mungkin ini yang membuat WA gak begitu populer di Amerika. Memang ada orang Amerika yang install WA di hp mereka, tapi banyak yang gak punya WA di hp nya.

Aplikasi Chat yang sering saya pakai untuk komunikasi dg Americans itu FB messanger dan discord. Untuk urusan assigned kerjaan otomatis gak pakai WA. Tim Dospem pakainya Basecamp untuk urusan projek tim.

NB: Gambar cuma pemanis. Gak ada hubungannya sama cerita

#beasiswa #beasiswakuliah #beasiswaarahpemudaindonesia #beasiswalpdp #lpdp #fulbright #fulbrightindonesia #kuliah #kuliahgratis #unpam #universitaspamulang #unpamviktor #kuliahdiamerika #startup #whatsapp #dirgahayuindonesia #sms #sandwichgeneration #kuliahsambilkerja #beasiswakeluarnegeri #beasiswaluarnegeri #beasiswakampunginggris #phdlife #phd #phdstudent #ohiostate #ohiostateuniversity 


Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA