Perjalanan

Pas lagi naik bus, denger salah satu siswa internasional bilang "fu*k" hanya karena semua bangku bus penuh. Emang itu pertama kali saya ngerasain bus apartemen ke kampus penuh. Umumnya, selalu ada bangku kosong karena memang manajemen apartemen punya beberapa bus untuk ke kampus.

Sebenernya, jarak apartemen ke kampus itu deket banget. Naik bus cuma butuh 10-15 menit aja.
"kenapa pula mahasiswa ini misuh-misuh (mengumpat) hanya karena berdiri 10 menit di bus?"
Mungkin perbedaan budaya dan latar belakang keluarga.
Saya jadi ngerasa bersyukur karena pernah tinggal di kab tangerang dan kuliah di jakarta. Hampir tiap hari PP kuliah bisa makan waktu 5-6 jam. Naik kereta barengan sama kambing dan ayam. Literally, saya sering banget umpek-umpekan berdiri cuma satu kaki plus disampingnya ada kambing, nyium bau ketek di sepanjang gerbong, plus berusaha biar gak kecopetan. Dulu, copet kereta itu banyak banget. Saya sangat apresiasi pemerintah karena berhasil ngerubah kereta jabodetabek jadi KRL yang bagus dan nyaman banget sekarang.
Selain itu, sebelum ke USA, saya ngajar di tangerang selatan sering naik motor PP dari kab tangerang. Pas lewatin jalanan parung panjang, literally motor selalu diapit puluhan truk yang berasa taruhan nyawa tiap berangkat kerja.
So, kalau cuma berdiri 10 menit naik bus, saya gak akan misuh. Malah 10 menit berdiri di bus serasa surga karena selama 14 tahun spend 4-6 jam PP untuk kuliah&kerja.
Pengalaman dulu itu jadi berasa privilege dari Allah sebagai bentuk latihan so sekarang semacam jadi bisa lebih struggle aja dalam banyak kondisi.
Kalau boleh sotoy ngasih saran ke temen-temen yang masih muda, nikmatin dulu aja perjalanan kerjanya. Mungkin bisa disambi dengan baca buku/baca kitab suci/ngobrol dg orang di samping biar gak bosen dan nambah insight. Suatu saat your hard work paid off, dan semoga jadi amal ibadah.


NB: Pict dari akun twitter "Baca Rules"

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA