Pengalihan Isu

Tahapan paling challenging dari menjadi mahasiswa doktoral, sepertinya, adalah bagian nulis disertasi. Mahasiswa tingkat akhir, bahkan termasuk mahasiswa S1 dan S2, kebanyakan akan cenderung tidak nyaman jika ditanya progres disertasinya.

sumber pict: https://www.pinterest.com/pin/825777281687954476/


Jangankan tentang disertasi, nulis artikel untuk publikasi saja pun kadang jadi menyebalkan jika sudah diikat dengan target. 

Ada teman yang cerita kalau dia lebih suka masak-masak kalau lagi pusing sama tugas publikasi. Saya juga tipe yang suka "kabur" kalau lagi mentok nulis artikel.

Ternyata, di summer ini, bukannya jadi agak santai tapi malah ada tugas nulis 4 artikel untuk dipublikasikan. Duh, karena waktunya mepet semua, saya jadi suka pusing sendiri. Akhirnyaa, mentok mulu untuk lanjut nulis.

Sebagai bentuk pengalihan isu dari mandeknya otak, saya lebih milih nulis apa pun yg diluar artikel ilmiah di medsos. Ya, tulisan-tulisaan saya di medsos ini sebenernya adalah bentuk pelariaan karena lagi bosen sama tugas kuliah. 

Bikin video YouTube juga jadi salah satu pelarian favorit saya kalau lagi hampa ide nulis kalimat untuk artikel. Duit dan adsense itu bukan tujuan utama saya rutin buat video YouTube. Sejatinya, itu adalah pelarian karena gak bisa mikir sama publikasi ilmiah.

Baca buku-buku ringan juga bentuk pelarian yang menyenangkan buat saya. Tentunya, buku-buku yang gak ada hubungannya sama tugas kuliah.

Nah, kamu sendiri suka "kabur" sejenak ngapain kalau lagi mandek ngerjain tugas kuliah/ skripsi/ tesis/ disertasinya? 🙂

Facebook: Angga Hidayat

#beasiswa #beasiswakuliah #beasiswalpdp #beasiswafulbright #kuliahluarnegeri #kuliahgratis #kuliahsambilkerja #dosen #dosenmuda #guru #beasiswaluarnegeri #phd #phdlife #phdmeme #AnggaHidayat #FulbrightIndonesia

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA