Why is it RELATIVELY easiER to get an A in the US THAN in Indonesia?

Pernah baca tulisan Prof Rhenald Kasali tentang pengalaman beliau yang sangat kesulitan dapat nilai bagus pas kuliah di Indonesia, tapi malah bergemilangan nilai A saat kuliah di US?

Saat ini saya mengalami hal yang sama dg beliau. Saya pernah dapat nilai C. Juga, paper saya pernah dibanting gitu aja dan dianggap "sampah" oleh salah satu dosen saat kuliah dulu. IPK S2 saya pun mepet di bawah garis kemiskinan
Tp, saat kuliah di sini, semester pertama dan kedua saya dapat IPK 4.0
Sebenernya, menurut saya proses pembelajaran di US lebih menantang drpd dulu saya kuliah di Indonesia. Saya buka laptop dari subuh sampe tengah malam. Hanya saja, jika saya merasa kesulitan, saya tinggal email atau sms profesor untuk minta ketemuan dan penjelasan lebih lanjut. Hebatnya, profesor di sini sangat responsif.
Umumnya, standar mereka akan balas pesan kita maksimal 24 jam, tp sering kali mereka balas email cuma hitungan menit dan langsung ngasih jadwal untuk ketemuan. Duh, saya jadi malu dulu pas ngajar, suka lama balas chat mahasiswa
Juga, saya ngerasa kalau di sini itu dosen lebih mudah menjaga kedekatan dengan mahasiswa. Prof di sini sering ngundang makan-makan, entah di rumah mereka atau di restoran atau para profesor ini sering juga bawa makanan ke kelas. Cara ini membantu saya untuk nggak segan minta bantuan penjelasan lebih lanjut kalau saya kesulitan dalam suatu tugas atau projek.
Selain itu, umumnya setiap dosen udah ngasih tugas secara lengkap yang harus dikerjakan selama satu semester beserta rubrik penilaiannya. Jadi, semua mahasiswa tahu setiap standar penilaiaannya.
Semoga, lebih banyak dosen/ guru yang bukan cuma ngajar, tapi juga menjaga kedekatan dengan para mahasiswa. Sering kali, yang kita ingat dari dosen/ guru bukanlah perihal materi ajar tapi bagaimana mereka memperlakukan kita sebagai manusia.
Saya sedang tidak bilang bahwa pendidikan di Indonesia itu tidak bagus. Banyak dosen di Indonesia yang sangat support mahasiswanya.



NB: foto ini nggak ada hubungannnya sama tulisan saya di atas

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA