Bahasa Arab dan Kartu Uno

Tau-tau aja dia ngomong pakai bahasa Arab. Dia ini, sebut saja namanya Danish, seorang Muslim dari salah satu negara pecahanan Uni Soviet. Tentu, bahasa harian yang dia pakai bukan bahasa arab. Hanya saja dia sangat rajin belajar bahasa arab walau jurusan kuliahnya jauh dari religious studies.

Orang-orang di sini kenapa kok bisa jenius jenius banget bisa dengan cepat belajar bahasa asing. Sedangkan saya, belajar bahasa inggris aja dari SD sampe sekarang masih kelawahan.
Memang beberapa orang benar-benar diberi anugrah bisa dengan mudah menyerap apa pun yang mereka pelajari, sedangkan beberapa lainnya harus benar-benar harus selalu belajar walau kagak ngerti ngerti.
Kalau emang udah belajar terus tapi tetep gak bisa, ya biar aja. Seinget saya bunyi hadis nya adalah belajar terus sampai negeri Cina. Bukan, belajar lah biar pinter kaya orang Cina. So poinnya adalah terus belajar. Bukan jadi orang pinter nya karena daya serap orang itu beda-beda. Kalau emang gak bisa pinter seperti orang lain, minimal udah mau belajar terus menerus walau hasilnya gak seperti orang lain.
Btw, hadis di atas saya dengar adalah hadis doif. Kalaupun tidak bisa dijadikan pijakan ya mungkin hikmahnya bisa diambil.
Masih cerita tentang Danish, setelah jumatan Danish dan teman-teman lain main Uno. Saya gak bisa main Uno. Padahal dulu temen-temen S1 suka main Uno di kelas setelah selesai kuliah.
Saat kuliah S1 saya (sok) sibuk nyari duit. Jadi gak sempet belajar gimana cara main Uno. Datang suka buru-buru, pulang pun suka buru buru karena ngejar kereta. Ah padahal kalo disempetin sebentar aja, ternyata ilmu main Uno bisa bermanfaat biar bisa berbaur dengan orang dari berbagai negara.
Dengan alasan yang sama, saya juga gak bisa main billiard. Temen-temen di sini sering banget ngajakin main billiard, tapi saya gak bisa. Padahal berinteraksi saat main billiard ini bisa sekalian dipake buat wawancara santai kenapa kok mereka bisa jadi jenius.
Saya jadi inget, "alih-alih ngebeliin anak barang yang gak bisa kitta beli dulu, lebih baik ngajarin anak ilmu yang gak sempet kita pelajari dulu". Ini quote nya Bruce Lee kalo gak salah.
Btw, foto ini gak ada sangkut pautnya sama "Danish". Saya gak ambil foto Danish karena ini masalah etika. Gak semua wajah orang bisa kita main posting, apalagi kalo belum izin.



Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA