Terjebak Kejayaan Almamater

Teman Amerika saya pernah dapat beasiswa master di Perancis dari salah satu beasiswa populer Eropa. Beasiswa ini punya list kampus khusus.

Beberapa tahun setelah lulus kuliah S2, teman saya ini kembali ke Amerika. Dia ngajar di SD. Ternyata, ijazah S2 nya di Eropa nggak diakui untuk bisa mendapatkan tunjangan tambahan sebagai guru di sini. Akhirnya, teman saya ini ngulang S2 lagi di kampus almamater S1 nya di USA agar bisa mendapatkan tunjangan seperti guru-guru lainnya.

Cerita lain, sekitar seminggu yang lalu, teman saya dari Malaysia yang sudah tinggal di USA sejak doi SMA cerita kalau temennya yang merupakan anak diplomat dari Madagaskar dan pernah dapat ijazah kampus dari Swiss sulit dapat kerja di sini, kecuali pekerjaan pekerjaan entry level. Lantas, anak diplomat ini kuliah lagi di USA. Setelah lulus kuliah di USA, anak diplomat ini bisa dapat pekerjaan sesuai dengan bidangnya dan bergaji tinggi.

Maka, kasihan saja kalau ada orang yang jadi sombong cuma karena almamater. Sesuatu yang dianggap hebat di suatu tempat, bisa jadi tidak dianggap sama sekali di tempat lain.

Saya jadi ingat salah satu rekan yang sering banget nyebutin almamaternya saat lagi ngajar. Memang kampus tempat dia kuliah itu adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia. Dia sering banget membanggakan kampusnya dan membandingkan dengan mahasiswa-mahasiswanya yang kuliah di kampus dengan rangking masih jauh dari almamaternya.

foto narsis di perpustakaan OSU
sumber: dokumen pribadi


Memang beberapa orang, sering kali terjebak oleh kejayaan masa lampau.

Bangga dengan almamater itu adalah suatu hal yang wajar tapi menganggap orang lain rendah hanya karena kuliah di kampus yang nggak sekeren almamaternya adalah tindakan yang berlebihan dan sangat menyebalkan.

Padahal, banyak mahasiswa yang dia remehkan itu adalah mahasiswa luar biasa. Setelah saya ngobrol dan dengerin cerita cerita hidupnya, mereka sangat luar biasa. Saya sering banget dapat pelajaran hidup dari mahasiswa-mahasiswa ini.

NB: nggak ada hubungan antara foto dengan tulisan ini. Saya nggak punya stok foto temen USA atau temen Malaysia, so saya pasang foto seadanya yang ada di hp.

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA