KERETA 2008-2012

1. Berdiri pakai dua kaki, walaupun dihimpit kanan kiri depan belakang itu udah termasuk nyaman. soalnya gak jarang harus berdiri cuma 1 kaki selama 1 jam bahkan lebih.

2. Naik, baju rapi tapi turun kereta udah kucel parah plus bau kambing soalnya gak jarang juga sebelahan sama kambing. Kambing beneran ya. Ini bukan istilah tapi literally (sok anak jaksel) emang sering segerbong sama kambing.
3. Pernah ada yang tawuran pada bawa pisau. wah, horor sih ini. nggak bisa kabur karena kereta lagi jalan.
4. Penjahat kelamin yang banyak, dari yang mulai cuma ngeluarin kerisnya lantas digesek-gesekin ke paha wanita sampe ngeluarin cairan kerisnya.
5. Hujan batu. dag-dug-dag-dug. Kaca-kaca jendela kereta pada hancur. Sering banget ngeliat kepala orang bocor.
6. "Ban bocor" itu sering banget dialami kereta. "nambal" ban nya itu entah bisa 1 jam atau malah semalaman. so yang perjalanan kampus rumah "cuma" 2 jam sering ngabisin waktu bisa 6 jam. Ban bocor biasa dipake untuk jelasin kondisi kereta yang mogok.
7. Gerombolan copet di sepanjang gerbong kereta.
List nya ini masih banyak banget.
Kepikiran nulis ini soalnya pas ngecek twitter, Manggarai lagi trending. Isinya ada yang mengeluh karena kena macet, juga ada yang ngeluh karena kereta penuh banget. Padahal kondisi kereta saat ini udah jauh lebih baik daripada kondisi 2008-2012.
Walau banyak tantangannya selama 4 tahun bolak-balik naik kereta hampir setiap hari, saat itu adalah zaman saya belajar tentang sabar dan bersyukur.
Saya masih dikasih kesempatan buat kuliah dengan naik kereta hampir tiap hari di saat banyak anak-anak seumuran saya yang nggak bisa naik kereta karena mereka nggak bisa kuliah, juga nggak punya pekerjaan.
Percayalah sering kali terjebakya kita dalam kemacetan dan himpit-himpitan adalah mimpi bagi banyak orang yang nggak punya pekerjaan.
Btw, saya nggak pernah naik kereta di atap gerbong seperti gambar ini karena tindakan ini sangat berbahaya. Mending terhimpit himpit di bagian dalam gerbong daripada naik di atas gerbong.



Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

GERIMIS, KESEHATAN, DAN NETWORKING

Jadi Malu