Stay Hungry Stay Foolish Halaqoh

Sperti biasa semalam ikut halaqoh bada isya di masjid deket apartemen. Yang buat saya takjub adalah beberapa orang yg saya tahu mereka sangat alim tapi ikut duduk ngedengirin tausiyah dari penceramah yang usianya lebih muda (entah lebih alim atau tidak dari mereka).

Style halaqohnya adalah seperti halaqoh majelis rasulullah. duduk dan mendengarkan. sebenarnya saya saat ini tidak begitu tertarik ikut halaqoh dengan style yg sekedar mendengarkan. saya lebih suka halaqoh yang membuka ruang diskusi. tapi saya tetap gabung dg halaqoh duduk dengar ini karena sebagai tempat silaturahim dan networking yang bisa menambah usia. Bisa jadi kan sebenernya umur saya udah habis beberapa tahun lalu tapi, mungkin, karena ikut pengajian lalu say hello dan ketemu ngobrol orang orang baru efeknya saat ini saya masih hidup dan nulis status di facebook. Selain itu, karena istri baru bisa datang ke USA 5 bulan lagi, saya jadinya lebih suka di luar apartemen. apartemen hanya untuk tidur. tidak ada istri, sendirian di apartemen itu bahaya banget. sometimes, kita, khususnya cowok, akan mudah banget terjebak sama setan kalo lagi sendirian. Makanya saya berusaha banget keluar paggi banget dan pulang tengah malem so pas nyampe apartemen tinggal tidur. Biar setan gak ngotak ngatik otak saya. Kegiatan apa pun, walau saya gak begitu ngefans dg formatnya, akan saya ikuti selama kegiatan itu positif. Kalau istri udah ada di rumah baru lah mungkin saya bisa ngabisin waktu lebih banyak di apartemen.

Kembali ke cerita orang orang alim yang ikut duduk dengar. Mereka dengan begitu tawadunya mau duduk dan dengarkan materi ceramah. analoginya begini: apa mau seorang profesor matematika dengerin kuliah yang disampaikan oleh orang yg sekedar lulusan s2 matematika? Umumnya orang akan gengsi dan melihat kepada gelarnya yang lebih tinggi dari orang lain, dan status keilmuannya yang dianggap tinggi. butuh kerendahan hati yg luar biasa untuk bisa melakukan ini. Orang orang yang benar benar berilmu memang selalu menginspirasi, dan mereka mau belajar kepada siapa pun. stay hungry, stay foolish - nya Steve Jobs nya bener bener diterapkan.

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

GERIMIS, KESEHATAN, DAN NETWORKING

Jadi Malu