Fun Fact Fat

Hari ini saya pergi ngegym jam setengah 8 pagi. kondisi di luar rumah masih gelap. Memang sering begitu. Subuh skitar jam 6. Isya skitar jam 9. Akibatnya, jam setengah 8 pagi masih gelap. Sengaja saya ngegym pagi hari saat masih gelap. Kalau ngegym siang/sore/malam sering banget penuh tempat gym apartemen.
Awalnya saya kira tempat gym akan kosong karena hari masih gelap. Terlebih hari ini adalah hari sabtu. Umumnya, mahasiswa di USA, khususnya undergraduate, party di jumat malam dan sabtu malam. Maka paginya saya pikir mereka akan masih tidur dan gak ke tempat gym. Namun, saat saya sampai fitnes center, ternyata di lt 1 sudah ada 2 orang yg lagi ngegym. Entah berapa orang yg lagi ngegym di lt 2. Beberapa menit kemudian ada 2 orang lagi yg datang.
Seharusnya ini gak buat saya kaget karena sebelumnya saya lihat orang jogging di saat hujan. Jangan sebut mereka yang ngegym di siang hari bolong. Itu biasa banget. Pernah juga ke kolam renang kampus, ternyata malah harus antri buat renang karena saking penuhnya kolam renang. Padahal kampus tempat saya kuliah punya 2 kolam renang standar olimpiade (plus kolam renang air hangat+kolam renang anak+kolam renang khusus atlit). Fitnes center kampus OSU yang merupakan salah satu fitnes center terluas di USA pun selalu penuh.

fitness center Ohio State University
Sumber: https://recsports.osu.edu/fms/facilities/rpac

Ini fun fact yang hendak saya ceritakan: awalnya saya kira orang amerika itu gemuk gemuk karena suka makan burger. Setidaknya itu hasil gambaran saya dari film film buatan amerika. Namun, setelah saya sampai USA, mereka sangat in shape. Tubuh mereka benar benar ideal. Benar benar diluar perkiraan saya sebelumnya. Yang kurang ideal umumnya adalah mahasiswa internasional. Entah kurang ideal karena lebih gemuk atau lebih kurus.
Poin saya di sini adalah bukan perihal punya body bagus adalah segalanya, dan orang yg gemuk/kurus adalah orang yang patut diejek. Poin saya adalah mereka benar benar tahu kapan harus belajar, kapan olahraga, dan kapan harus bersenang-senang. Hal ini sepertinya harus patut kita contoh karena kesehatan adalah hal penting yang harus dijaga. Perihal tubuh bagus adalah poin tambahan saja. Btw, nabi Muhammad saw pun sixpack kan? Sunnah itu tidak melulu cuma solat atau puasa, tapi memiliki tubuh proporsional adalah sunnah juga (setahu saya).
Semoga ke depannya, anak anak pintar di Indonesia tidak melulu identik dg kacamata dg tubuh yang berlebihan lemak. Semoga bisa mendekati ciri nabi Muhammad yang cerdas, tapi juga tetap rajin olahraga.
Btw, sample saya ini adalah mahasiswa di ohio state university. Awalnya saya pikir ini terjadi karena saya kuliah di kampus yang bukan hanya mementingkan akademik tetapi juga tergila-gila dengan olahraga. Indikator mahasiswa tergila gila olahraga adalah 26 mahasiswa/alumni ikut serta dalam olimpiade tokyo tahun ini. Namun, saat saya jalan jalan ke wilayah luar kampus, tetap saja banyak orang orang dg tubuh proporsional dan pemdangan orang orang olahraga. Mungkin kasus ini bisa berbeda di negara bagian lain. Sampai saat ini saya belum pernah ke negara bagian lain.

Oleh:
Angga Hidayat

Comments

Popular posts from this blog

JANGAN TERBALIK

Jangan pernah merasa lebih pintar dari orang yang menyuapimu makan

ETIKA